Normaldoris's Blog

Merawat Hamster Hamil dan Bayi Hamster

Posted on: Januari 19, 2010

Bangun pagi2 EHH malah kaget plus seneng liat cendol-cendol merah di kandang hamster. Dalam beberapa kasus, bayi hamster biasanya disembunyikan dibawah bedding / sarang yg dibuat ibu hamster. [b]JANGAN AMBIL RESIKO[/b] dan beri ruang supaya induk dapat melaksanakan instingnya sebagai induk yang mengayomi bayi2nya. Jika induk merasa terancam dalam hal apapun, dia pasti akan meninggalkan / memakan bayi2nya.

Newborns

hal utama yang harus kita perhatikan terhadap bayi yang baru saja lahir (biasanya berwarna merah / pink) adalah mata mereka yang masih tertutup dan akan tetap tertutup untuk sementara waktu namun hal ini tidak mempengaruhi kesehatan bayi hamster. Hari pertama akan mereka habiskan dengan menyusu dan mendecit semaunya.

pastikan selalu tersedia makanan dan minuman yang lebih selama masa menyusui, terutama makanan berprotein tinggi seperti telur rebus, omelet, keju, roti tawar, tahu dan minyak ikan yang biasa dijual di petshop.

jika teman2 kebetulan melihat sang induk sedang memakan bayi2nya, pasti ada alasan untuk itu. terkadang alasannya tidak masuk akal, mulai dari bayi yang cacat, lemah atau mati atau hanya sang induk yang tahu  :shock: jarang sekali sang induk memakan bayi2nya hanya karena kebanyakan bayi. Jika makanan, minuman dan bedding lebih dari cukup maka tidak ada alasan untuk “mengurangi” bayi2nya.

Babies – day 1

2 hari berikutnya, bayi hamster mulai menunjukkan tanda-tanda pigmentasi pada kulit yang hanya terjadi pada bayi hamster yang akan memiliki warna coat yang gelap.

Babies – day 5

hari 5-7, bulu hamster akan tumbuh sedikit demi sedikit. terjadinya pigmentasi pada kulit. terbentuknya telinga dan mata menghitam dan mulai berkembang.

Babies 8 day

hari 8-9, sang induk mulai memperkenalkan makanan solid ke bayi2nya dengan membawa makanan tersebut ke sarangnya untuk dimakan anak2nya. sang induk mulai mengurangi aktivitas menyusui.

Babies – 10 days

pada hari ke 10, bayi hamster akan tertutup bulu pendek secara penuh dan mulai menjelajah kandang untuk mencari makanan keras (biji, pellet dll) walaupun mata mereka masih tertutup. pastikan tersedia makanan dan minuman yang cukup untuk induk dan bayi2nya.

makanan berprotein dan berserat tinggi sangat baik untuk pertumbuhan bayi2 hamster (c/ potongan wortel, brokoli dan telur rebus). bayi hamster terlahir dengan gigi yang sudah tumbuh, makanan seperti pelet juga baik untuk membiasakan giginya menerima makanan solid.

Contoh Makanan Sehat
= cukup untuk 8 hamster =

Bahan2:
- Tahu putih mentah (3 blok kecil, 2cmX2cm)
- Gandum/Oat (3 sendok makan)
- Brocolli secukupnya (hanya bagian yang berdaun)

1. pisahkan daun2 brokoli hingga menjadi bagian2 kecil yang cukup untuk bayi hamster
2. campur Tahu putih, gandum dan brokoli kedalam tempat makan hamster (dihancurkan hingga lembut)
3. hidangkan  :-bd

(Note: this mixture is nutritious and is recommended for both mummy and bb hams from 5 days onwards. the mashed-up mixture is easily digested for bb hams, while providing both mom and children with protein, frolic acid and moisture).

alternatif brocolli – potongan wortel
alternatif gandum/oat – biskuit tawar

Babies – 12 days

Pada masa ini dirasa aman untuk memegang sebentar bayi hamster tersebut sehingga kita dapat membersihkan kandang secara menyeluruh dimana sebelumnya kita tidak dapat membersihkan selama masa kelahiran bayi hamster. pada umur sekian, bayi hamster membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk pertumbuhan jadi memberikan porsi makanan yang sama untuk ibu hamster. buah segar seperti wortel dan apel juga dapat diberikan. pastikan tempat makan dan tempat minum dapat dijangkau oleh bayi hamster!

step pada saat membersihkan kandang:
- pindahkan induk terlebih dahulu, disusul bayi2nya ke kontener sementara.
- bersihkan kandang secara menyeluruh
- masukkan kembali induknya.. kemudian disusul bayi2nya

Babies – 14 days

pada usia ini, mata hamster mulai terbuka sepenuhnya.

Sampai umur 3 minggu, bayi hamster akan tetap disusui oleh induknya walaupun terkadang mereka tetap menyusu walau susu induknya telah habis. Gigi mereka sudah tumbuh sempurna dan akan makan semua yang diberikan untuk membantu pertumbuhannya. Percaya atau tidak, hamster dapat berkembangbiak pada umur sekecil ini, oleh karena itu segera pisahkan berdasarkan jenis kelaminnya kedalam kandang yang berbeda. termasuk juga sang induk yang sudah siap untuk bereproduksi kembali.

Babies – 3 weeks
jika kita memelihara Syrian, kita akan mulai melihat tanda-tanda insting soliter pada 2-3 minggu pertama. Berkelahi juga mulai sering terjadi, maka perhatikan supaya mereka tidak saling gigit / cakar / bunuh atau segera pisahkan ke beda kandang. porsi makan yang berprotein tinggi masih diperlukan pada umur-umur sekian. pada tahap ini, bisa disarankan untuk memisahkan bayi hamster dari induknya untuk membangkitkan percaya diri dan supaya mereka mulai terbiasa dengan manusia (kita).

Minggu kelima – keenam
Kita mulai berhadapan dengan hamster muda yang siap untuk dipindahkan ke kandang yang tersendiri. Untuk Syrian, sebaiknya kita segera siapkan kandang baru. [b]Remember: one Syrian per cage![/b]

siria bisa “dipaksa” hidup komunal/berkelompok. Asal dari kecil dibiasakan untuk dicampur. Selain itu kandang harus cukup besar. Karena siria tuh suka jalan2. Jadi usahakan sesedikit mungkin untuk kontak dengan siria lain.

Sedikit share, di rumah saya memakai 3 akuarium ukuran 1 m x 0,5 m x 0,5 m untuk piara siria. 1 akuarium untuk jantan, 1 akuarium untuk betina, dan 1 akuarium untuk anak2 sapih (umur 3 minggu ke atas). Setelah umur 2 bulan, mereka di gabung di akuarium dewasa, sesuai jenis kelamin). Kenapa saya pisah menurut jenis kelamin? Soalnya siria tuh demen banget kawin. Nah, untuk menjodohkan mereka, saya pakai kandang sendiri. Nanti kalo udah hamil, yang jantan diangkat dimasukin ke akuarium jantan, yang betina didiemin di situ sampe melahirkan.

untuk lahiran itu sebenernya mudah.. dicukupi makanan dan minuman nya.. + ditambah vitamin (vitagel/nutriplus gel)

dan untuk mengenai kelahiran… ada beberapa kasus yg menyatakan bahwa untuk kehamilan pertama dan jumlahnya banyak memang wajar apabila ada beberapa atau semua anak yang meninggal.. ini bisa disebabkan oleh faktor usia si betina, faktor lingkungan atau faktor jenis (ada beberapa hamster yg memang sulit diternak kan seperti contoh jenis2 Rare),
1. Apabila usia betina masih muda.. dan ini kelahiran pertama masih wajar apabila induknya kurang telaten dlm merawat/menyusui si baby ini tp di next kemungkinan besar bisa di rawat (berdasarkan pengalaman pribadi CMIIW)
2. Lingkungan/kondisi kandang, Untuk lingkungan dlm merawat baby disarankan di kondisi yang tenang, aman dan jauh dari hiruk pikuk manusia. banyak induk hamster yg memakan anaknya sendiri (dlm upaya melindungi anaknya) karena merasa terancam dengan keadaan di luar kandang. CMIIW
3. faktor jenis.. ada beberapa jenis campbell yang memang susah ngelahirkan dan memang bukan tipe induk yg baik, ini bisa dilihat dari beberapa jenis hamster yang berkatagorikan RARE seperti (lilac, Blue Fawn, Lilac Platinum dll).CMIIW

dan untuk mengenai titip asuh.. hal ini bisa dilakukan apabila di saat yg bersamaan ada induk jg yg sedang merawat anak.. itu bisa titip asuh apabila usia babynya tidak terlalu jauh berbeda..

dan ini sekedar share aja.. berdasarkan pengalaman pribadi jg.. jd maaf apabila kata2 nya ribet mau pun ilmu..

3 Tanggapan to "Merawat Hamster Hamil dan Bayi Hamster"

hamster betina saya warna abu abu , yg jantan warna hitam putih .
jenis apa kdua hamster saya itu ?
jika hamster betina hamil , apakah harus d pisahkan dngan jantan nya ?
dan apakah kandang betina nya harus baru .

Boleh nanya.. Hamster yg berusia 2 minggu boleh dipisah ga dari induknya?
Makasih
Mohon dijawab ☺

klo saya mau beli hamster sama tempatnya sayahrus beli di mana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: